Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Agar Main Free Fire Tidak Lag di RAM 1GB yang Bisa Dicoba

 Meski Free Fire merupakan game battle royale yang terbilang cukup ringan dibanding sesamanya, mengakses FF pada ponsel dengan spesifikasi RAM 1GB bisa membuatnya cepat lag. Untuk itu beragam cara agar main Free Fire tidak lag di RAM 1GB dilakukan para gamer agar bermain lebih nyaman pada ponsel dengan spesifikasi menengah ini.

Cara Agar Main Free Fire Tidak Lag di RAM 1GB yang Bisa Dicoba

Pada dasarnya, game MOBA mengharuskan pengguna memiliki perangkat yang mumpuni untuk mendukung semua sistem di dalamnya. Dibekali dengan tampilan grafis yang keren dan mendetail pengguna tentu harus membayarnya melalui spesifikasi perangkat yang tinggi. Bagi pemilik RAM 1GB bisa mengikuti cara ini agar Free Fire dapat dinikmati tanpa lag dan nyaman digunakan:

1. Hentikan Penggunaan Wallpaper Bergerak dan Aplikasi yang Tidak Penting

Salah satu cara mengosongkan RAM agar lebih lega untuk bermain Free Fire adalah dengan menghindari penggunaan wallpaper bergerak dan banyak aplikasi. Dua hal ini secara tidak langsung menjadikan RAM 1GB yang kecil menjadi lebih sesak. Sebenarnya meski ponsel tidak digunakan untuk bermain game pun, penggunaan wallpaper bergerak akan membuat performanya melemah.

Adapun banyaknya aplikasi ikut menyumbang masalah pada RAM 1GB yang akan cepat penuh. Demi bermain Free Fire tanpa lag dan lancar, uninstall aplikasi yang tidak terlalu penting dan hentikan juga aplikasi yang selalu aktif di latar belakang. Maka, dengan mengosongkan RAM, performa ponsel akan meningkat dan dapat dimanfaatkan untuk bermain FF.

2. Manfaatkan Mode Game Bawaan Ponsel atau Aplikasi Game Booster

Cara agar main Free Fire tidak lag di RAM 1GB selanjutnya adalah mengaktifkan mode game yang sudah tersedia pada sebagian ponsel. Ketika mode ini diaktifkan, program yang memproses aplikasi lain akan dihentikan sementara untuk memberikan ruang pada game. Pengguna pun dapat mengatur mode game agar secara otomatis aktif saat Free Fire dibuka.

Bagi pengguna RAM 1GB yang tidak memiliki mode game bawaan pada ponselnya dapat mengunduh Game Booster di Play Store. Memiliki fungsi yang sama dengan mode game bawaan ponsel, aplikasi ini akan mengoptimalkan kinerja processor hingga mengosongkan ruang pada RAM. Baiknya pengguna mengaktifkan Game Booster pada saat bermain game saja agar aplikasi lain tidak terganggu.

3. Berikan Performa Maksimal Saat Bermain Free Fire

Untuk menghindari kasus lag pada game Free Fire, setting ponsel pada mode performa yang dapat memberikan titik maksimal di setiap kinerjanya. Walaupun cara ini cukup works, pengguna perlu memperhatikan bar baterai karena mode performa menjadikan ponsel boros baterai. Untuk itu, sebelum bermain game dan mengaktifkan mode ini pastikan baterai penuh.

4. Buat Grafis Game menjadi Lebih Rendah

Salah satu hal kenapa Free Fire mengharuskan pengguna memiliki spesifikasi yang mumpuni adalah grafis bawaanya yang terbilang cukup tinggi. Tidak heran, dengan tampilan yang apik serta warnanya yang menarik, Free Fire menyedot RAM tidak main-main. Untuk itu ubah pengaturan grafik game ke settingan smooth agar lebih ramah di RAM 1GB.

5. Menggunakan Jaringan Data yang Konstan

Karena Free Fire adalah game mobile online, tentu penggunaan internet menjadi salah satu faktor yang cukup penting. Jaringan buruk yang turun naik bisa menyebabkan game lag hingga berakhirnya permainan tanpa disadari. Untuk itu, baik itu penggunaan data seluler atau wifi hendaknya menjadi perhatian saat bermain game Free Fire demi menghindari lag dan masalah lain.

Itulah cara agar main Free Fire tidak lag di RAM 1GB yang bisa diterapkan demi pengalaman bermain yang lancar dan menyenangkan. Selain dukungan dalam berbagai pengaturan ponsel, baiknya pengguna memakai wifi yang kecepatan internetnya lebih kencang dan stabil saat bermain Free Fire.