Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Cara Setting Wifi IndiHome Agar Stabil Main Game yang Harus Dicoba

 Bukan game online namanya jika tidak dimainkan melalui jaringan internet baik itu data seluler maupun wifi. Meski kecepatan internet bukanlah hal penentu kemenangan, namun lambatnya jaringan tersebut bisa menjadi salah satu faktor pemain menjadi kalah. Bagi pengguna IndiHome, cara setting wifi IndiHome agar stabil main game mungkin perlu dilakukan agar permainan tidak menemui hambatan.

5 Cara Setting Wifi IndiHome Agar Stabil Main Game yang Harus Dicoba

Ketika jaringan memburuk, game bisa berhenti dengan ditandai oleh pin merah atau atau adanya masalah lag. Hal tersebut akan dimanfaatkan oleh lawan dimana karakter game pemain yang diam akan diserang habis-habisan. Meski IndiHome merupakan layanan wifi dengan kualitas jaringan cukup baik, jika setting pengguna tidak tepat maka perlu diatur ulang dengan cara berikut ini:

1. Pastikan Router Berada di Posisi yang Tepat

Bukan hal aneh jika kekuatan sinyal ada kalanya bergantung pada seberapa jauh posisi router dengan pengguna. Router yang terhalang banyak sekat atau benda memungkinkan penyebaran internet yang terbatas dan berpengaruh pada kualitas sinyal. Agar tidak perlu terlalu dekat-dekat dengan router, simpanlah router pada posisi yang tidak terhalang, misalnya plafon rumah.

2. Setting Bandwith Wifi beserta Channelnya

Pada pengaturan default, bandwith wifi akan tersetting pada angka 20 MHz untuk wifi 2,4 GHz. Agar bandwith yang dimiliki lebih lebar, ubah pengaturan tersebut pada 40 MHz. Pengguna juga bisa mengatur frekuensi pada 5 GHz dan menentukan bandwidth yang paling lebar.

Sementara untuk channel wifi, pilihlah channel dengan kemungkinan konflik atau bertabrakan dengan jaringan lain yang minim, yakni pada 1, 6 atau channel 11. Atur melalui “Network” lalu “WLAN Setting” dan klik “Basic” dimana pengaturan ini ada pada router bawaan dari IndiHome.

3. Blokir pada Perangkat Tersambung yang Tidak Dikehendaki

Salah satu alasan kenapa wifi menjadi lemot adalah banyaknya perangkat yang tersambung. Cara setting wifi IndiHome agar stabil main game yaitu membatasi perangkat lain yang tersambung. Kadangkala ada perangkat yang tidak disadari telah terkoneksi ke wifi pengguna dengan cara legal maupun ilegal. Untuk itu segera blokir perangkat tersebut agar pengguna lebih leluasa menikmati jaringan wifi.

Caranya, cukup ketikkan “191.168.1.1” pada kolom url browser dan enter. Masuk dengan password dan username wifi hingga sistem membawa pengguna ke laman pengaturan. Disana pilih “LAN Status” kemudian “DHCP Client List” dan lihatlah daftar perangkat yang tersambung. Salin alamat perangkat yang akan diblokir pada “Mac Filtering” dan tekan “Enable” untuk melakukan pemblokiran.

4. Memulai Ulang Router yang Sudah Dipakai Seharian

Router wifi maupun perangkat elektronik lain sama halnya dengan manusia yakni akan lelah bila dipakai terus menerus. Agar performanya tetap stabil dan prima pengguna perlu mengistirahatkannya sesekali dengan mematikannya dan melakukan restart. Trik ini bertujuan agar router kembali segar karena dengan restart sistem di dalamnya dimulai ulang seperti pertama kali dipakai.

5. Tentukan Batas Maksimal Kecepatan Wifi

Sebenarnya, yang diperlukan dalam bermain game online adalah kestabilan jaringan yang dimiliki agar tidak terputus atau terhenti tiba-tiba. Meski kecepatannya sedang, jika jaringan tetap stabil game akan berjalan lancar tanpa lag atau ping yang muncul. Untuk itu tentukan batas maksimal dari kecepatan wifi agar jaringan tidak kencang pada beberapa waktu saja dan lambat pada waktu tertentu.

Itulah 5 cara setting wifi IndiHome agar stabil main game dan tidak terkendala jaringan yang buruk. Tentunya untuk memenangkan permainan faktor jaringan internet sangat berpengaruh namun, jangan lupakan juga kemampuan untuk bertahan hidup. Upgrade juga skill dan strategi melumpuhkan musuh agar pengguna keluar sebagai nomor satu.